travel alhijaz, paket umroh murah 2017, umroh desember 2017, paket umroh januari 2017, paket umroh februari 2017, paket umroh maret 2017, daftar haji plus, jadwal keberangkatan umroh, kontak travel alhijaz, alamat kantor travel alhijaz, lokasi kantor travel alhijaz, travel alhijaz indowisata| travel umroh haji plus di jakarta utara, jakarta timur, jakarta barat, jakarta selatan, biaya promo paket umroh murah bulan desember 2016-2017 flight by Saudi Airlines | Travel Umroh Alhijaz Indowisata direct madinah

Spesial PROMO UMROH 2017 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur | Harga Paket Umroh Murah Promo 2017 Jangan Lepas dari Mahram Saat umroh atau Haji PROMO JANUARI 2024 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur Jangan Lepas dari Mahram Saat umroh atau Haji PROMO JANUARI 2024 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur

LABBAIK ALLAHUMA LABBAIK

17 Agustus 2014

Info dan Tips : Saat umroh atau Haji tahun 2014, disarankan Jangan Lepas dari Mahram


Jangan Lepas dari Mahram  Saat umroh atau Haji

“Bismillahi Allahu Akbar, Bismillahi Allahu Akbar, Bismillahi Allahu Akbar.” Kata-kata ini terus diucapkan jamaah umroh ketika memulai tawaf sambil melihat ke arah pintu Ka’bah dan mengangkat tangan serta melemparkan cium melalui tangan ke arah pintu ka’bah.

Tawaf adalah suatu ritual mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali sebagai bagian pelaksanaan ibadah haji atau umroh. Walau terlihat sangat remeh dan sederhana namun saat dilakukan bersama ribuan orang jamaah haji atau umroh menjadi hal tersebut bisa menjadi masalah besar.

Kepadatan jamaah umroh tidak seberapa dibandingkan ketika musim haji tiba, keadaan akan semakin padat. Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Cholil Nafis PhD menjelaskan tawaf pada saat umroh salah satu syaratnya haruslah dalam keadaan suci atau dalam keadaan berwudhu. Namun, karena padatnya lokasi tawaf, para jamaah umroh pasti akan sering tersenggol dengan umat Muslim yang bukan mahramnya.

Tips melakukan tawaf saat travel umroh :

Keadaan yang padat di tanah suci akan sangat memungkinkan terlepas dari rombongan umroh lainnya.
berikut tips melakukan tawaf saat umroh mencegah lepas dari mahram antara lain:
  • Disarankan para jamaah umroh agar jangan sampai lepas mitra
  • Selalu dekat dengan mahramnya, boleh suami, istri ataupun ibu
  • Bergandengan tangan saja, atau dipeluk dengan mahramnya
  • Wanita, baik istri ataupun ibu harus ditempatkan di depan. Jangan dibiarkan di belakang sang suami.
Wanita itu lebih lemah fisiknya, karena itu harus dijaga oleh mahramnya. Sebelum memulai rukun umroh, sebaiknya tentukan meeting point sebagai bentuk antisipasi jika terlepas dari rombongan. Tandai akan ketemu di arah mana. Misalnya di pintu Alfatah atau tempat lain arah ke Safa Marwah sebelum melakukan sa’i.

Bersetuhan Batal atau tidak

Menurut madzhab Imam Syafii, hal tersebut akan membatalkan wudhu. Sebaiknya pindah ke madzhab Imam Maliki, sebab, menurutnya, tidak akan batal wudhu jika bersentuhan dengan bukan mahram selama tidak syahwat. “Selama di Tanah Suci kita ikuti mahzab yang jika bersentuhan tidak batal wudhu,” katanya.
sebagian alim ulama menyikapi hal tersebut cenderung tidak membatalkan wudhu. selama tidak menimbulkan syahwat. Kondisi dan situasi akan padatnya para jamaah sedikit memungkinkan apabila tidak bersentuhan dengan jamaah umroh lainnya, apalagi bila kecelakaan terjadi diluar dugaan yang dapat membahayakan jamaah itu sendiri. 

Mengenai doa, saat tawaf tidak ada doa-doa yang diwajibkan. Semua doa sunnah. Terlebih ketika keadaan padat akan sulit membaca doa dari buku karena akan tersenggol. cukup membacadoa yang dihafal saja, boleh dzikir, shalawat, istighfar atau yang lainnya. Para jamaah umroh juga sering lupa akan hitungan putaran. Untuk menghindari agar tidak lupa, jamaah sebaiknya menghitung dengan kepalan tangan atau dengan tasbih yang hanya terdiri dari tujuh buah.

Posisi terbaik tawaf adalah selalu menghadap Ka’bah. Allah akan memberikan pahala yang besar dan Allah akan menurunkan 80 rahmat.  Waktu paling padat saat hari biasa untuk melakukan tawaf adalah saat shalat Ashar hingga menjelang salat Maghrib dan Isya. Penyebabnya, banyak orang ingin shalat berjamaah di area Ka’bah sehingga area tawaf menjadi semakin sempit dan jamaah wanita akan diminta pergi ke area shalat perempuan.
Semoga Info dan Tips : "Saat umroh atau Haji tahun 2014, disarankan Jangan Lepas dari Mahram" dapat menambah wawasan dan bermanfaat.
 Amin ya robbal-a'lamin...

info seputar umroh lainnya:


Terima kasih
Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar