travel alhijaz, paket umroh murah 2017, umroh desember 2017, paket umroh januari 2017, paket umroh februari 2017, paket umroh maret 2017, daftar haji plus, jadwal keberangkatan umroh, kontak travel alhijaz, alamat kantor travel alhijaz, lokasi kantor travel alhijaz, travel alhijaz indowisata| travel umroh haji plus di jakarta utara, jakarta timur, jakarta barat, jakarta selatan, biaya promo paket umroh murah bulan desember 2016-2017 flight by Saudi Airlines | Travel Umroh Alhijaz Indowisata direct madinah

Spesial PROMO UMROH 2017 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur | Harga Paket Umroh Murah Promo 2017 Tips Tawaf saat Haji dan UmrahPROMO JANUARI 2024 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur Tips Tawaf saat Haji dan UmrahPROMO JANUARI 2024 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur

LABBAIK ALLAHUMA LABBAIK

8 Maret 2014

Tips Tawaf saat Haji dan Umrah

Sekedar informasi agar menambahkan wawasan tentang tawaf . Mungkin beberapa kalangan dari calon jamaah ataupun jamaah yang pernah melakukan haji dan umrah tahu makna dari tawaf, akan tetapi ada hal yang perlu diketahui bahwa tawaf mempunyai ragam dan macam.
Tawaf artinya mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali dimana posisi ka’bah berada di sebelah kiri jamaah. Diawali dan diakhiri sejajar serta searah dengan Hajar Aswad dengan kata lain orang yang tawaf berputar mengelilingi ka’bah pada posisi berlawanan dengan arah jarum jam.
Ada satu ibadah yang tidak bisa dilakukan di masjid manapun selain Masjidil Haram. Ibadah itu adalah ibadah tawaf. Sedangkan, tawaf itu sendiri ada berbagai macam dan ragamnya. 

1) Tawaf qudum, yaitu tawaf yang diperintahkan bagi orang yang tiba di Kota Makkah dan mengerjakan haji ifrad.

2) Tawaf ifadah, yaitu tawaf yang menjadi salah satu rukun haji. Siapa yang tidak mengerjakannya maka hajinya batal.

3) Tawaf umrah adalah tawaf yang dikerjakan saat seseorang mengerjakan umrah, baik umrah yang mustaqil (independen) maupun umrah yang dikerjakan saat berhaji.

4) Tawaf sunah adalah tawaf yang bisa dikerjakan kapan pun di dalam Masjidil Haram. Ia menjadi pengganti tahiyatul masjid bagi Masjidil Haram. Terakhir adalah tawaf wada atau tawaf perpisahan.

Setiap orang yang melakukan ibadah haji dan umrah diwajibkan bagi mereka untuk melakukan tawaf wada. Tawaf wada ini adalah sebuah kewajiban bagi setiap jamaah haji dan umrah saat mereka hendak meninggalkan Kota Suci Makkah.

Hukumnya thawaf wada' saat Haji dan Umrah


Tawaf wada hukumnya wajib dalam mazhab Hanafi, Syafi’i, dan Hambali, kecuali wanita yang haid dan penduduk Makkah.

Wajibnya tawaf wada ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA yang berkata, “Setiap manusia diperintahkan untuk menjadikan saat terakhirnya di Kota Makkah di sisi Baitullah (Ka’bah), hanya perintah ini tidak ditujukan bagi wanita haid.” (HR Bukhari & Muslim).

Tawaf wada ini adalah sebuah momen yang paling berat dirasakan oleh setiap jamaah. Momen perpisahan dengan Baitullah ini membuat mereka larut dalam suasana sedih bercampur haru dengan penuh harap dan doa semoga Allah SWT memberi kesempatan bagi mereka untuk dapat datang lagi suatu saat ke Baitullah, baik untuk berhaji maupun umrah.

Seperti tawaf yang lain, tawaf wada terdiri atas tujuh putaran yang dilakukan mengelilingi Ka’bah ke arah kiri. Diawali dan disudahi di rukun Hajar Aswad.

Namun, perbedaannya adalah bahwa dalam tawaf wada tidak disunahkan melakukan shalat sunah tawaf. Seusai mengerjakan tawaf wada, setiap jamaah haji diizinkan untuk meninggalkan Baitullah dengan cara yang wajar tanpa harus berjalan mundur atau sambil menunduk.

Siapa yang tidak menjalani tawaf wada, ia wajib membayar dam sebesar satu ekor kambing, baik disengaja maupun bila terlupa. Kambing tersebut disembelih di mana saja dan dibagikan kepada kaum fakir yang membutuhkan.

Tawaf wada ini hanya diwajibkan bagi jamaah haji yang tinggal di luar Kota Makkah. Adapun jamaah haji yang tinggal di Kota Makkah, mereka tidak berkewajiban melakukan tawaf wada dan tiada kewajiban bagi mereka untuk membayar dam bila mereka tidak mengerjakannya. Wallahu a’lam.



Terima Kasih
Wassalam,
Informasi lebih lanjut:

Kantor Pusat Baitussalam Travel
PT. Papua Tours and Travel
Gedung Rabithah Awaliyah Lt2, Jl TB Simatupang No.7A Tanjung Barat Jakarta Selatan
Telp : 021-8532-2784

Call Person
-Febriyanto : 0856-1979-116
-PIN BB : 761a5946

Email: febribaitussalam@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar